Hasil PPKM Baik, Angka Infeksi di Masyarakat Turun, tapi Tetap Waspada untuk Varian Baru

Selasa, 21 September 2021 11:27
Hasil PPKM Baik, Angka Infeksi di Masyarakat Turun, tapi Tetap Waspada untuk Varian Baru

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

Cakupan penerapan Level PPKM di Luar Jawa-Bali yang ditetapkan melalui Instruksi Mendagri, yakni sbb.:

  • PPKM Level 4 sebanyak 10 Kab/Kota
  • PPKM Level 3 sebanyak 105 Kab/Kota
  • PPKM Level 2 sebanyak 250 Kab/Kota
  • PPKM Level 1 sebanyak 21 Kab/Kota

Pengaturan masih tetap sama dengan periode sebelumnya, dengan penyesuaian pada PPKM Level 3, yakni Mall dapat beroperasi mulai pukul 10.00 s.d. 21.00, dengan maksimal 50% kapasitas, serta para pengunjung sudah harus melakukan check-in dengan aplikasi PeduliLindungi, kemudian Bioskop dapat dibuka dengan Prokes ketat dan maksimal 50% kapasitas. Mengenai hal ini akan diatur lebih lanjut dalam Inmendagri.

Menko Airlangga juga mengungkapkan beberapa hal yang menjadi arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Terbatas hari ini, Senin (20/9), untuk selalu kita perhatikan. Pertama adalah kehati-hatian terhadap masuknya varian baru. Maka itu, pintu masuk udara, laut dan darat perlu diperketat. “Dalam hal ini, kita libatkan seluruh stakeholder. Kita harus mengantisipasi betul mengenai kemungkinan adanya gelombang ketiga,” tuturnya.

Kedua, pelaksanaan 3T (testing, tracing dan treatment), Prokes 3M, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi harus semakin diintensifkan. Ketiga, wilayah dengan pencapaian target vaksinasi rendah harus diberikan perhatian lebih (Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Lampung), dan juga untuk vaksinasi kepada lansia.

Bagikan berita ini:
3
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar