Jaringan Internet Lumpuh, Pujo Pramono: Kami Kerja Keras

Selasa, 21 September 2021 13:00

GRAFIK-FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Layanan internet terutam di kawasan timur Indonesia sempat lumpuh, sejak Senin, 20 September. Telkom Group melakukan berbagai upaya alternatif untuk pemulihan kualitas jaringan internet.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, sejak terjadi gangguanpada Minggu, 19 September, pihaknya segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa.

“Kami juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” ungkapnya.

Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. “Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut segera berfungsinormal,” jelasnya.

Pujo Pramono menjelaskan, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia mengalami gangguan akibat sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak yang terganggu.

Bagikan berita ini:
4
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar