Jaringan Internet Lumpuh, Pujo Pramono: Kami Kerja Keras

Selasa, 21 September 2021 13:00
Jaringan Internet Lumpuh, Pujo Pramono: Kami Kerja Keras

GRAFIK-FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Layanan internet terutam di kawasan timur Indonesia sempat lumpuh, sejak Senin, 20 September. Telkom Group melakukan berbagai upaya alternatif untuk pemulihan kualitas jaringan internet.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, sejak terjadi gangguanpada Minggu, 19 September, pihaknya segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa.

“Kami juga mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” ungkapnya.

Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. “Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut segera berfungsinormal,” jelasnya.

Pujo Pramono menjelaskan, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia mengalami gangguan akibat sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak yang terganggu.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas gangguan koneksi internet yang terjadi. “Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” jelasnya.

Vice Presiden Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin sebelumnya mengatakan, jaringan telekomunikasi drop karena ada gangguan teknis. Terjadi gangguan terutama layanan internet di beberapa titik seperti wilayah Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

“Telkomsel bersama TelkomGroup telah mengupayakan percepatan pemulihan akses internet di seluruh wilayah yang terdampak sejak gangguan terdeteksi,” katanya. Saat ini sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal. “Kami akan terus memastikan akselerasi proses pemulihan secara menyeluruh sehingga akses layanan internet Telkomsel dapat dinikmati dengan normal seperti biasa,” tukasnya. (ful-fik/rif-ham)

Bagikan berita ini:
9
7
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar