Retno Marsudi: Kita Harus Terus Mendorong Penggunaan Nuklir untuk Tujuan Damai

Selasa, 21 September 2021 19:18

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI), Retno Marsudi -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan agar nuklir digunakan untuk tujuan damai. Hal tersebut disampaikannya pada pertemuan General Conference ke-65 Badan Atom Dunia (IAEA) yang diselenggarakan secara virtual, Senin (20/9).

Dia mengakui nuklir memang bisa menjadi senjata yang mematikan dan dunia masih belum sepenuhnya terbebas dari ancaman senjata nuklir.

Namun, lanjut Retno, nuklir juga bisa digunakan untuk tujuan yang bermanfaat. Dia memerinci tiga hal yang harus dipastikan dalam penggunaan nuklir ialah keselamatan (safety), keamanan (security), dan perlindungan (safeguards) nuklir.

“Kita harus terus mendorong penggunaan nuklir untuk tujuan damai,” kata Menlu Retno dalam pernyataannya, Senin (20/9).Salah satunya dengan menggunakan teknologi nuklir untuk mengembangkan varietas tanaman unggul.

Sejak 2013, Indonesia yang diwakili oleh Kelompok Peneliti Pemuliaan Tanaman Pangan (PAIR) bekerja sama dengan IAEA dan Badan Pangan Dunia (FAO) telah mengembangkan 23 varietas padi baru.

Menanggapi penghargaan dari FAO dan IAEA, Retno Marsudi mengaku merasa terhormat.

Bagikan berita ini:
1
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar