Wacana Covid-19 Berubah Status dari Pandemi ke Endemi, Andi Sudirman: Masyarakat Siap New Normal

Selasa, 21 September 2021 20:35

ilustrasi vaksin Covid-19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wacana perubahan status Covid-19 di Indonesia dari pandemi ke endemi kembali menguat belakangan ini. Menyusul kasus yang terus melandai.

Kampanye mengubah Covid-19 menjadi endemi pertama kali diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam sebuah webinar bersama RS Premier Bintaro pada Maret 2021 laku.

“Belajar dari pandemi black death di Eropa yang membunuh hampir ratusan juta orang, Covid-19 ini bisa hilang secara bertahap enggak pernah cepat. Berubah menjadi epidemi dan pelan-pelan dieradikasi menjadi endemi di sebuah negara,” kata Budi kala itu.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan, masyarakat perlahan bakal beradaptasi dengan virus Covid-19 yang ada saat ini. Pemakaian masker dan kebiasaan baru selama pandemi akan menjadi biasa di tengah masyarakat.

“Kalau sudah berulang-ulang harusnya sudah jadi endemi, kita ini menjadi adaptif terhadap situasi yang sudah berulang seperti saat ini, kita sudah aware bahwa masker dipake, menjaga prokes sudah menjadi kebiasaan kita untuk menghadapi endemi yang menjadi sesuatu yang sudah berulang,”katanya, Selasa (21/9/2021).

Bagikan berita ini:
2
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar