Serangan ke Tokoh Agama Terulang, Legislator PKS: Pemerintah Seolah Tak Berdaya Memutus Teror pada Ulama

Rabu, 22 September 2021 15:11
Serangan ke Tokoh Agama Terulang, Legislator PKS: Pemerintah Seolah Tak Berdaya Memutus Teror pada Ulama

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf.

Hakim Mahkamah Konstitusi Saldi Isra saat membaca putusan permohonan uji materi UU Administrasi Kependudukan pada November 2017 menjelaskan, ketentuan pada pasal 28E ayat (1) dan (2) merupakan pengakuan konstitusi terhadap hak atas kebebasan beragama bagi siapapun.

Di sisi lain, Saldi juga menilai hak dasar untuk menganut kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa adalah bagian dari hak asasi manusia dalam kelompok hak-hak sipil dan politik.

“Keamanan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan adalah hak asasi yang dilindungi oleh hukum. Sebagai umat beragama, kita berhak untuk terlindung dari rasa takut, terbebas dari teror, dan terhindar dari ancaman dalam menjalankan aktivitas keagamaan,” imbuhnya.

Dengan demikian, kita berhak menagih janji konstitusi itu apabila negara gagal menunaikan hak warga negaranya, kritik anggota Komisi Agama DPR ini.

Lebih lanjut, anggota DPR yang pernah duduk di Komisi Hukum ini mempertanyakan alasan penyidik dari pihak kepolisian lebih mengedepankan pemeriksaan riwayat historis pelaku yang diklaim pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa ketimbang mendahulukan proses pemeriksaan tindak pidana. Terlebih, pelaku juga mengakui dirinya seorang komunis.

Bagikan berita ini:
10
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar