Transgender Bisa Urus e-KTP di Dispendukcapil

Rabu, 22 September 2021 14:32

Seorang transpuan menjalani perekaman e-KTP di Dispendukcapil, UPTSA Siola, Surabaya, Selasa (21/9). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Saat ini transgender bisa melakukan pengurusan kartu keluarga (KK) dan pembuatan e-KTP di kantor Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya.

Selasa (21/9), lima orang trans perempuan ini tampak melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Namun mereka tetap menggunakan nama asli dan belum berganti kelamin.

Pengurusan administrasi bagi transgender ini merupakan bentuk pelayanan bagi semua warga negara Indonesia yang berhak tanpa diskriminasi sesuai surat edaran dari Kemendagri.

Salah satu transgender yang mengaku bernama Linda mengatakan, dirinya melakukan pengurusan administrasi perpindahan penduduk dari daerah asalnya di Kediri ke Surabaya. “Ini ganti KTP, kan sebelumnya dari Kediri. Jadi mau pindah KTP Surabaya,” ujarnya.

Linda mengaku awalnya kesulitan dalam pengurusan administrasi di Dispendukcapil. Namun berdasarkan SE Kementerian Dalam Negeri Nomor 470/11320/Dukcapil yang diterbitkan 26 Agustus 2021 maka pengurusan administrasi bagi transgender dipermudah.

“Ya sebelumnya memang sulit mengurus perpindahan KTP. Sekarang sudah ada solusi dan jalan keluarnya,” ungkap Linda sambil tersenyum manis.

Bagikan berita ini:
4
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar