Transgender Bisa Urus e-KTP di Dispendukcapil

Rabu, 22 September 2021 14:32
Transgender Bisa Urus e-KTP di Dispendukcapil

Seorang transpuan menjalani perekaman e-KTP di Dispendukcapil, UPTSA Siola, Surabaya, Selasa (21/9). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Kepala Dinas Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan rata-rata para transpuan ini sudah mempunyai KTP, namun berasal dari luar kota.

Ada juga yang baru mengurus e-KTP. “Banyak yang sudah punya KTP tapi mati dan mau diganti yang baru. Ada juga yang mau pindah KTP Surabaya dari luar kota asalnya,” katanya.

Agus memastikan mereka akan mendapatkan layanan seperti warga lainnya tanpa diskriminasi dengan tidak memandang status. Menurutnya, rekam KTP ini bukan baru pertama kali, namun sudah pernah dilakukan. “Dulu juga pernah ada. Jadi gak pertama kali,” ungkapnya.Mereka yang mengurus administrasi ini harus sesuai dengan nama asli dan jenis kelamin. Jadi tidak ada perubahan meskipun mereka sudah menjadi transgender. “Ya tetap toh. Gak ada yang berubah kecuali kalau mereka misal berubah statusnya (jenis kelamin) harus terlebih dahulu mengajukan ke pengadilan negeri (PN). Tapi semua ini gak ada yang berubah,” jelasnya.

Sementara itu, pendamping transgender dari Jaringan Indonesia Positif, Dadang Setiawan mengatakan, ini baru kali pertama transgender diberikan kemudahan akses dalam mengurus data kependudukan.

Bagikan berita ini:
4
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar