Azis Syamsuddin Terseret Korupsi dan Dijemput KPK, MKD: Tentu Harus Ada Keputusan Dulu Baru Bertindak

Jumat, 24 September 2021 21:29

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin diduga terseret kasus korupsi. Dugaan itu setelah KPK dikabarkan menetapkan politikus Partai Golkar itu sebagai tersangka. Namun demikian, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) belum bisa mengambil sikap.

Hal itu diungkap oleh Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman. Dia mengaku belum bisa menindaklanjuti dugaan pelanggaran etik terhadap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Alasannya, sampai saat ini Azis Syamsuddin status hukum wakil ketua DPR itu belum berkekuatan tetap (inkrah). Untuk itu, MKD menunggu keputusan tersebut.

“Tentu harus ada keputusan dulu, baru bertindak. Menjadi semacam kebiasaan di MKD ya,” ujar Habiburokhman di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (24/9).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu merujuk pada Pasal 1 Ayat 4 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Di dalam KUHAP itu dinyatakan bahwa status tersangka itu adalah orang yang karena perbuataanya patut diduga melakukan tindak pidana. Namun status tersangka belum ada kekuatan hukum yang tetap.

Bagikan berita ini:
7
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar