Ranjin Pakai Masker, Satgas Covid-19 Sebut Cegah 6 Faktor Risiko Penularan

Jumat, 24 September 2021 20:25

Ilustrasi-- Menggunakan masker bisa mencegah penularan virus korona. Sayang, harga masker di Hongkong terus meningkat (JPG)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Saat hadir di suatu acara besar seperti hajatan, pernikahan, hingga pameran atau konser musik di era pandemi Covid-19 harus selalu taat protokol kesehatan. Makanya, pemakaian masker menjadi hal yang harus dipatuhi.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan besar atau pertemuan besar harus mengikuti pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan. Beberapa diantaranya, konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta maupun acara pernikahan yang besar.

“Saat ini Indonesia terus berupaya mewadahi aktivitas masyarakat untuk tetap produktif namun aman Covid-19,” katanya secara daring baru-baru ini.

Prof Wiku menyebutkan secara khusus ada 6 faktor risiko penularan saat acara besar dilakukan. Apa saja?

Pertama, kondisi kasus Covid-19 di daerah tempat acara berlangsung. Karena, tingginya angka infeksi meningkatkan risiko penularan kepada partisipan.

Kedua, potensi penularan selama acara di tempat umum seperti bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan transportasi umum lainnya. Berisiko menularkan virus ke penumpang akibat jarak antar penumpang dan buruknya sirkulasi udara transportasi.

Bagikan berita ini:
10
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar