Selayar Miliki Obyek Wisata Alam 154, Wisata Budaya 22

Jumat, 24 September 2021 11:11
Selayar Miliki Obyek Wisata Alam 154, Wisata Budaya 22

Pantai Baloiya, Selayar

Misalnya, ritual Rambu Solo, Ma’ Nene, kuburan batu bertingkat, dan Tongkonan yang masih dijaga hingga saat ini. Kekayaan budaya inilah yang menjadi favorit wisatawan dari mancanegara maupun lokal.

Pada ritual Rambu Solo, suku Toraja melakukan upacara untuk menghormati dan menghantarkan arwah seseorang yang telah mati menuju alam roh. Sementara Ma’ Nene ritual membersihkan jasad yang sudah meninggal belasan tahun lalu, untuk dikenakan pakaian yang baru.

“Torut dikenal dengan budaya, ini ikon dari Torut. Kalau alam hanya faktor pendukung. Budaya ini yang menjadi favorit wisatawan. Makanya kita masih jaga sampai sekarang,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Torut, Yorry R Lesawengen, Kamis, 23 September.

Yorry R Lesawengen mengaku sedang menggarap 12 desa wisata. Salah satu desanya, Lembang Nonongan. Itu sudah masuk nominasi 10 besar desa wisata nasional. Namun semua desa di Torut ditargetkan menjadi desa wisata.

“Kami punya potensi itu. Budaya yang berbeda di setiap desa menjadi keunggulan Torut untuk memajukan pariwisata,” katanya. (akb-raj/ham-rif)

Bagikan berita ini:
5
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar