Siapa Saja Orang-orang yang Haram Dinikahi? Jangan Sampai Salah

Jumat, 24 September 2021 14:15

Ilustrasi pernikahan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mahram adalah perempuan atau laki-laki yang masih termasuk sanak saudara dekat karena keturunan, sesusuan, atau hubungan perkawinan sehingga tidak boleh menikah di antara keduanya.

Berdasarkan definisi ini, dapat diketahui bahwa hubungan mahram dapat terjadi karena tiga sebab, yaitu yang pertama, mahram sebab keturunan.

Orang-orang yang termasuk mahram sebab keturunan ada tujuh, sebagaimana firman Allah Swt dalam QS. An-Nisa ayat 23, di antaranya: ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan. Lalu anak akibat dari perzinahan termasuk mahram, dengan berdalil pada keumuman firman Allah: “… anak-anakmu yang perempuan …” (QS. An-Nisa: 23).

Kedua, mahram sebab susuan.

Mahram sebab susuan ada tujuh golongan, sama seperti mahram sebab keturunan, tanpa pengecualian. Dalam Al-Quran menyebutkan secara khusus dua bagian mahram sebab susuan, yaitu yang terdapat pada QS. an-Nisa: 23: ibu-ibumu yang menyusui kamu, dan saudara-saudara perempuan sepersusuan.

Bagikan berita ini:
10
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar