Tokoh Muslim Indonesia, H Dr Syafruddin Minta Perlu para Ilmuan Muslim Gali Lebih Dalam Sejarah Kenabian Ismail AS

Jumat, 24 September 2021 14:54

Tokoh Muslim Indonesia Komjen. Pol. (Purn) Syahfruddin

FAJAR.CO.ID — Dalam banyak literatur Islam diketahui bahwa silsilah Nabi Muhammad sampai pada Nabi Ibrahim. Namun keterangan yang menegaskan bahwa silsilah Nabi Muhammad sampai pada Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim masih sangat minim ditemukan dalam kitab Alquran kecuali hadist nabi Muhammad. Dan Hadist Rasullullah, itu perlu diyakini mendalam bahwa Nabi Ismail AS secara nasab tegak lurus ke Nabi Muhammad SAW.

Tokoh Muslim Indonesia sekaligus Wakil Ketua Dewan masjid Indonesia (DMI), KomjenPol (purn) Dr (Hc) Syafruddin mengungapkan sangat penting pelajar dan ilmuan muslim Indonesia mempelajari lebih dalam silsilah kenabian hingga ke Nabi Ibrahim As.

“Kajian tentang ini masih sangat sedikit kita dapatkan literaturnya. Kita sangat membutuhkan itu agar paham sejarah dan bisa menjelaskan dengan ilmiah sejarah kenabian. Hal berbeda pada kaum Yahudi mereka bisa secara runut menjelaskan nasab hingga ke Nabi Musa,” kata Syafruddin, saat bincang-bincang ringan di Makassar, Kamis 23 September 2021.

Mantan Wakapolri bergelar doktor bidang keilmuan sejarah Islam ini mengatakan, literatur ilmiah menjelaskan nasab atau silsilah ini banyak mengutip kitab agama lain. Salah satunya, seperti karya Muhammad Fethullah Gulen dalam bukunya An Nur Al Khalid Muhammad Mafkhirat Al Insaniyah yang diterjemahkan Fuad Saifuddin berjudul Cahaya Abadi: Muhammad Saw Kebanggaan Umat Manusia

Bagikan berita ini:
2
9
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar