Jangan Pernah Anggap Remeh Pikun!

Sabtu, 25 September 2021 03:15

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Orang sudah tua umumnya dianggap maklum jika mudah lupa atau pikun. Tapi, masyarakat jangan sampai menganggap remeh gejala tersebut, sehingga lansia dapat terus berdaya.

Demensia (pikun) perlu menjadi perhatian khusus bagi masyarakat dan pemerintah. Penyakit yang dialami oleh para lansia ini akan meningkat pesat bila tak segera diatasi melalui deteksi dini.

Berdasarkan data Alzheimer’s Disease International (ADI), diperkirakan kasus demensia akan meningkat dari 55 juta menjadi 78 juta pada tahun 2030.

Hal tersebut semakin diperparah dengan pandemi Covid-19 dimana aktivitas lansia sangat terbatas dan kesulitan dalam bersosialisasi. Sehingga secara tidak langsung dapat memicu peningkatan kasus demensia.

Direktur Eksekutif ALZI, Michael Dirk R. Maitimoe mengatakan pentingnya bagi seseorang yang menginjak usia lanjut untuk melakukan deteksi dini apabila muncul tanda-tanda.

Apa saja? Seperti pikun, lupa arah pulang, hingga gangguan berkomunikasi yang mengganggu aktivitas kesehariannya.

“Jangan Maklum dengan Pikun dan Kenali Demensia Alzheimer Sejak Sekarang. Hal ini untuk mencegah terjadinya prevalensi demensia di Indonesia,” kata Michael.

Bagikan berita ini:
3
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar