Kekuasaan di KPK Hanya Delegasi dari Presiden, Akankah Jokowi Selamatkan 57 Pegawai?

Sabtu, 25 September 2021 20:28

Febri Diansyah-- jawa pos

FAJAR.CO.ID — Sebanyak 57 orang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) resmi dipecat pada 30 September 2021 ini. Banyak yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan.

Mantan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan, ada lima alasan Presiden Jokowi mesti turun tangan dan menyelamatkan 57 pegawai lembaga antirasuah yang tidak lolos TWK.

Pertama, kata Febri, Presiden Jokowi adalah pemimpin tertinggi dalam penyelenggaran negara ini. Apalagi terkait pemberantasan korupsi. Sehingga harusnya Presiden Jokowi bisa turun tangan.

“Karena kita tahu korupsi adalah virus paling jahat yang menggerogoti negara,” ujar Febri dalam akun Twitter miliknya yang telah diizinkan untuk dikutip, Sabtu (25/9/2021).

Alasan kedua adalah Presiden Jokowi bersama DPR telah melakukan revisi terhadap UU KPK, sehingga menempatkan lembaga antirasuah ini dalam rumpun eksekutif.

“Bahkan Presiden juga yang mengirim surat ke DPR dan menugaskan Menkumham dan Menpan RB untuk membahas revisi UU KPK ini,” katanya.

Bagikan berita ini:
6
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar