Petinju Ukraina Catat Kejutan, Usyk Hajar Joshua hingga Matanya Nyaris Tertutup

Minggu, 26 September 2021 10:03

Oleksandr Usyk (kiri) menghajar Anthony Joshua dalam pertarungan di Tottenham Hotspur Stadium, London (26/9). Usyk menang angka mutlak dan merebut empat sabuk juara dunia kelas berat dari Joshua. (Adrian Dennis/AFP )

FAJAR.CO.ID — Oleksandr Usyk mencatat kejutan sangat besar dalam kancah tinju dunia. Petinju asal Ukraina tersebut tampil solid dan dominan untuk mengalahkan juara dunia dan pahlawan tuan rumah Anthony Joshua di Tottenham Stadium, London, dini hari tadi (26/9) WIB.

Usyk mengalahkan Joshua lewat keputusan mutlak juri setelah bertarung sepanjang 12 ronde. Pertarungan yang disaksikan lebih kurang 70.000 orang ini memperlihatkan kualitas Usyk yang lebih taktis, lincah, dan punya determinasi lebih baik ketimbang Joshua.

Tiga juri memberikan nilai mutlak kepada Usyk yakni 117-112, 116-112, 115-113. Para pakar di Boxing Junkie juga memenangkan Usyk dengan skor 116-112. Menurut USA Today, Usyk menang delapan ronde dibandingkan empat ronde milik Joshua. “Tidak ada komplain soal skor-skor ini,” tulis USA Today.

Dengan kemenangan ini, Usyk berhasil merebut sabuk juara dunia kelas berat WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO dari tangan Joshua. Usyk adalah petinju kelas penjelajah ketiga dalam sejarah yang berhasil menjadi juara dunia di kelas berat. Dua juara sebelum Usyk adalah Evander Holyfield dan David Haye.

Bagikan berita ini:
1
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar