Polemik Latar Pendidikan, Pengamat Hukum: Jaksa Agung Harus Klarifikasi secara Pribadi

Minggu, 26 September 2021 18:04

Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Latar pendidikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, memunculkan polemik. Pengamat Hukum Erwin Natosmal Oemar menyampaikan, seharusnya yang mengklarifikasi bukan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum), melainkan secara resmi oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Dia beralasan, perbedaan data tersebut pasalnya sudah menjadi konsumsi publik, sehingga ST Burhanuddin harus menyampaikan secara terbuka.

“Jaksa Agung harus klarifikasi secara pribadi, seperti mendapatkan ijazah yang asli dari mana, dan kenapa ada perbedaan antara informasi di publik dan akademik di Unsoed?,” kata Erwin, Minggu (26/9).

Erwin menyampaikan, persoalan perbedaan data pendidikan Jaksa Agung ini merupakan permasalahan yang serius dan memengaruhi kredibilitas Kejaksaan. Oleh karena itu, harus ada konfirmasi secepatnya dari Jaksa Agung.

Bahkan, Erwin mendesak Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD harus membuat tim investigasi independen untuk menyelidiki masalah tersebut.

“Menkopolhukam harus melakukan penyidikan independen untuk memastikan kenapa dan alasan perbedaan informasi itu terjadi,” cetus Erwin.

Bagikan berita ini:
6
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar