Majelis Agama Deklarasi Indonesia Adil dan Damai, Ini Poin yang Disuarakan

Senin, 27 September 2021 21:12

Majelis-majelis agama di Indonesia melakukan deklarasi Indonesia adil dan damai di Jakarta, Senin (27/9). (Dok. Humas Kemenag)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Majelis-majelis agama di Indonesia melakukan deklarasi Indonesia adil dan damai di Jakarta, Senin (27/9). Ada sejumlah poin yang mereka suarakan. Di antaranya adalah meningkatkan toleransi dan kerukunan serta menjauhi kebencian hingga perusakan tempat ibadah.

Majelis-majelis agama yang menyuarakan deklarasi itu komplit. Mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin).

Deklarasi bertajuk Agama-Agama untuk Indonesia yang Adil dan Damai terdiri dari lima poin. Di antaranya adalah keyakinan bahwa agama-agama di Indonesia hadir membawa misi kemanusiaan, keadilan, persatuan, dan perdamaian untuk seluruh umat manusia. Kemudian segala bentuk diskriminasi, kekerasan, kebencian, dan perusakan tempat ibadah bertentangan dengan misi luhur dan tujuan fundamental kehadiran agama.

Poin deklarasi berikutnya adalah mereka bersepakat untuk meningkatkan kualitas kerukunan, toleransi, dan kebersamaan antar umat agama dalam menyelesaikan persoalan kemanusiaan. Selain itu juga persoalan kebangsaan dan kemasyarakatan. Seluruh majelis agama juga bertekad hidup rukun, daman, dan adil dalam keragaman agama. Berdasarkan prinsip dasar kemanusiaan, kebangsaana, dan kesederajatan sebagai warga negara.

Bagikan berita ini:
5
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar