Rektor UNM Tarik Prof Jufri dari Pemprov Sulsel, Akbar Faizal: Anda Mengembalikan Martabat Perguruan Tinggi

Senin, 27 September 2021 16:06

Direktur Eksekutif Nagara Institute, Akbar Faizal

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) Akbar Faizal mengapresiasi langkah Rektor UNM Prof Husain Syam yang menarik kembali Prof Muhammad Jufri dari Pemprov Sulsel.

Diketahui mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM itu digeser dari jabatan Kepala Dinas Pendidikan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel.

Akbar Faizal mengatakan penarikan itu sebagai bukti dunia kampus tak bisa ikut menyerahkan diri kepada politik praktis. (ikbal/fajar)

Berikut surat terbuka mantan legislator DPR RI itu yang diterima Fajar.co.id:

Yth. Sdr Rektor UNM

Prof.Dr.Husain Syam M.T,

Anda mungkin tak sadar jika surat permintaan penarikan Prof.Jufri dari jabatan Kepala Dinas Pariwisata Sulsel dalam kapasitas Anda sebagai atasan langsung Prof Jufri sebelumnya di Univ Negeri Makassar (UNM) mengembalikan (sebagian) martabat perguruan tinggi kita. Telah lama saya mengeluhkan perilaku universitas/perguruan tinggi kita yang menyerahkan diri kepada politik praktis. Bahkan dalam banyak kasus, civitas akademika universitas bersedia untuk dihinakan dengan berbagai cara dihadapan para pemilik otoritas bernama pemerintahan dan atau kekuasaan. Pada level nasional, kita saksikan banyak rektor –khususnya perguruan tinggi bonafide– berebut menjadi menjadi menteri yang dimulai dengan menjadi tim sukses. Pada level daerah, kaum cerdik cendekia di banyak universitas bahkan bersedia menjadi (hanya) staf khusus atau staf ahli gubernur atau bupati.

Bagikan berita ini:
10
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar