Satgas Covid-19 Ajak Publik Tetap Kedepankan Prokes dan Bersedia Divaksin

Selasa, 28 September 2021 22:56

Ilustrasi-- Menggunakan masker bisa mencegah penularan virus korona. Sayang, harga masker di Hongkong terus meningkat (JPG)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengajak publik tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) dan mau melaksanakan vaksinasi demi mengendalikan penularan virus SARS-Cov-2.

Selain itu, Indonesia perlu juga melakukan pembatasan di pintu masuk demi menekan penularan. Menurut dia, Indonesia saat ini dikelilingi negara yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 sehingga beberapa upaya tadi perlu dimaksimalkan.

“Cegah virus masuk ke tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Kalau virus terlanjur masuk, benteng kita adalah vaksinasi. Tingkatkan solidaritas dengan cara saling menjaga,” kata Sonny dalam diskusi yang disiarkan FMB9ID_IKP di YouTube, Selasa (28/9).

Pengurus Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane menyebut upaya pengendalian tepat sasaran dan sistematis yaitu intervensi pada kasus dan kontak erat. “Jadi, tidak akan berpengaruh pada ekonomi, pendidikan maupun kehidupan sosial masyarakat,” ujar dia dalam diskusi yang sama.

Masdalina berharap, masyarakat juga bisa disiplin 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak demi mengendalikan penularan Covid-19. Di sisi lain, pemerintah perlu memperkuat 3T (testing, tracing, treatment) serta percepatan vaksinasi.

Bagikan berita ini:
6
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar