Upaya Pemberantasan Korupsi, ICW Kirim Surat kepada Presiden Jokowi

Selasa, 28 September 2021 18:57

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan kepada anak-anak Indonesia dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2021. (dok Setpres)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengirim surat yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (28/9). Dalam suratnya, ICW mengingatkan tanggung jawab Jokowi selaku presiden atas upaya pemberantasan korupsi yang serius dan tanpa pandang bulu.

“Kami selaku kelompok masyarakat sipil antikorupsi merasa sangat prihatin atas situasi terakhir yang terjadi di Komisi Pemberantasan Korupsi dan situasi pemberantasan korupsi di Indonesia,” bunyi petikan surat ICW yang ditandatangani koordinatornya, Adnan Topan Husodo, Selasa (28/9).

ICW memandang, KPK yang selama ini menjadi lembaga yang disegani, kini tengah terpuruk. Bahkan, tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga antirasuah kian merosot.

Pada saat bersamaan menurut ICW, upaya pemberantasan korupsi mengalami ketidakpastian, bahkan kemunduran. Hal ini ditandai dengan memburuknya Indeks Persepsi Korupsi (IPK) pada 2020.

“Dan menjadikan Indonesia kembali sebagai negara yang dianggap sangat korup,” bunyi petikan sambungan surat ICW.

ICW pun menganalisis, gonjang-ganjing yang selama ini melanda KPK dan pemberantasan korupsi diakibatkan lantaran Jokowi gagal bersikap tegas. ICW menganggap Jokowi telah membuka keran pelemahan upaya pemberantasan korupsi melalui revisi UU KPK.

Bagikan berita ini:
8
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar