Aku dan Sepupu, Bolehkah Menikah?

Rabu, 29 September 2021 15:17

Bolehkah menikahi sepupu?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sepupu atau saudara sepupu (kakak maupun adik) adalah saudara senenek dan sekakek. Tak jarang ditemui dewasa ini, tumbuh benih-benih cinta diantara hubungan persaudaraan ini. Pertanyaannya, bolehkah kita menikahi sepupu sendiri?

Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Syamsul Hidayat menerangkan fatwa Tarjih tentang hukum menikahi saudara sepupu. Menurutnya, tidak ditemukan nash-nash baik dalam al-Qur’an maupun as-Sunnah yang sahih lagi maqbul yang melarang pernikahan antar saudara sepupu.

“Jadi artinya dalam fatwa tarjih tentang menikahi saudara sepupu itu dibolehkan karena tidak terdapat larangannya di Al-Quran maupun As-Sunah al-Maqbulah,” tutur Syamsul Hidayat dalam Kajian Tarjih Online yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Selasa (28/9/2021) dilansir dari situs resmi Muhammadiyah.

Syamsul menerangkan bahwa terdapat ayat-ayat al-Qur’an dan as-Sunnah yang shahih lagi maqbul yang menerangkan perempuan-peremupuan yang tidak boleh dinikahi oleh laki-laki (mahram) atau sebaliknya, yakni dalam QS. An-Nisa ayat 3, 22, 23, dan 24, QS. Al-Baqarah ayat 228, 230, 234, dan 235, dan QS. An-Nur ayat 3.

Bagikan berita ini:
5
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar