Kenang Korban Keganasan PKI, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Polres Gowa

Jumat, 1 Oktober 2021 19:16

IST

FAJAR.CO.ID, GOWA — Bendera Merah Putih berkibar di lapangan Mapolres Gowa. Pengibaran itu tidak sampai di ujung tiang.

Alasannya, pengibaran bendera setengah tiang untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang tewas akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965.

Peristiwa itu disebut G 30S/PKI. Sebanyak tujuh jenderal TNI tewas dalam gerakan partai Komunis tersebut.

Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffarudin pun mengenang peristiwa kejam itu, dan berharap kehadiran partai terlarang itu kini tidak ada lagi di era saat ini.

“Inilah bentuk penghargaan kami atas jasa para pahlawan yang menjadi korban pemberontakan G30S PKI, semoga rasa nasionalisme masyarakat tetap tumbuh dan terjaga demi negara kesatuan republik Indonesia,” katanya, Jumat (1/10/2021).

Sebelumnya diberitakan, isu komunisme atau Partai Komunis Indonesia (PKI) kerap menjadi pembicaraan setiap menjelang 30 September. Perbincangan itu karena pada 30 September 1965 terdapat tragedi pembantaian yang mengakibatkan tujuh jenderal gugur.

Nah, 56 tahun berlalu, isu komunisme atau Partai Komunis Indonesia (PKI) masih menjadi buah bibir masyarakat. Buktinya dari hasil survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) dinyatakan bahwa 46,4 persen publik Indonesia masih percaya isu kebangkitan PKI atau komunisme.

Bagikan berita ini:
4
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar