Kereta Jurusan Pasar Turi Surabaya-Pasar Senen Jakarta Dibuka, Ini Tarif Tiketnya

Jumat, 1 Oktober 2021 19:50

Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI (Persero) John Robertho memberangkatkan KA Airlangga dari Stasiun Pasarturi. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan kereta baru jurusan Pasar Turi Surabaya–Pasar Senen Jakarta. Pembukaan itu berdasar penugasan Kementerian Perhubungan kepada KAI melalui surat KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (KA PSO).

”Peluncuran KA Airlangga ini di samping sebagai penugasan pemerintah, juga untuk memberikan alternatif jadwal perjalanan kereta api relasi Surabaya–Jakarta (PP) kepada pelanggan,” ujar Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya Heri Siswanto di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Jumat (1/10).

Pengoperasian KA Airlangga merupakan suatu bentuk kehadiran pemerintah dalam menyediakan layanan kereta api rute Surabaya hingga Jakarta dan sebaliknya dengan harga yang terjangkau. Pengoperasian tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Nama KA Airlangga terinspirasi dari nama raja pendiri Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur yang memerintah pada abad ke-11. Pada akhir masa pemerintahannya, kerajaannya dibelah dua menjadi Kerajaan Kadiri dan Kerajaan Janggala bagi kedua putranya.

Bagikan berita ini:
5
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar