Kim Jong-un Siap Buka Kembali Dialog dengan Korea Selatan

Jumat, 1 Oktober 2021 18:06

Kim Yo Jong (kanan) saat membantu kakaknya, Kim Jong Un, menandatangani sebuah dokumen (Pyongyang Press Corps Pool via AP)

FAJAR.CO.ID, PYONGYANG — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali mencoba peruntungan di dunia diplomasi. Pemimpin Partai Buruh itu baru saja menawarkan untuk mengembalikan saluran diplomasi dengan tetangganya, Korea Selatan. Meskipun dia belum membuka hati untuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Pernyataan itu disampaikannya dalam rapat tahunan parlemen Korut. Dia menyatakan bersedia mengembalikan saluran komunikasi eksklusif Seoul-Pyongyang. Saluran yang dibangun pada 2018 tersebut diputus sepihak oleh Korut pada Agustus lalu. Hal itu menjadi bentuk protes terhadap latihan militer AS-Korsel.

“Jika memungkinkan, kami bisa menghidupkan saluran komunikasi Oktober nanti. Tapi, semua itu bergantung sikap otoritas Korsel,” ucapnya, seperti dilansir Korean Central News Agency (KCNA).

Pada saat yang sama, Jong-un menolak tawaran dari pemerintahan Biden untuk membuka kembali jalur negosiasi. Tampaknya, putra Kim Jong-il itu menilai Biden tak punya pesona seperti Trump. Dia menegaskan, Korut tak akan membuka pintu untuk AS selama mereka masih memberlakukan embargo. “Permintaan diplomasi hanya tipuan remeh untuk menyembunyikan sikap agresif mereka di mata internasional,” ujar Jong-un.

Bagikan berita ini:
7
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar