Terangi Sulawesi dengan Energi Terbarukan, Poso Energi Kebut PLTA Ketiga

Jumat, 1 Oktober 2021 20:51

Komisi VII DPR RI bersama Jusuf Kalla saat meninjau PLTA Poso 1 di Sulawena, Poso. (Mirsan/Fajar)

FAJAR.CO.ID, POSO– Butuh waktu tempuh 1 hingga 2 jam dari Kota Poso dengan menyusuri Sungai Poso untuk sampai di dua Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dioperasikan PT Poso Energi anak usaha dari Kalla Group.

Sepanjang perjalanan hanya kawasan hutan dan perkebunan rakyat yang diselingi pemukiman. Jalan berliku menuju ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, tempat dua bangunan yang kini jadi objek vital negara.

PLTA Poso 2 dengan daya mencapai 195 MW lebih dulu beroperasi tahun 2012 lokasinya berada di Sulewana, Poso, Sulawesi Tengah. Kemudian disusul PLTA Poso 1, lokasinya tidak jauh dari PLTA Poso 2 sekitar 3 KM.

Saat ini pembangkit hidro yang seluruhnya dikerjakan oleh insinyur Indonesia itu sudah bisa menyumbang 315 Mega Watt (MW) untuk listrik di Sulawesi Tengah. Satu lagi, PLTA Poso 3 dengan kapasitas 200 MW sementara dalam proses pembangunan.

Direktur Utama PT Poso Energi, Ahmad Kalla mengatakan seluruh listrik yang dihasilkan oleh pihaknya dibeli langsung oleh PLN. Listrik kategori Energi Baru Terbarukan (EBT) masuk ke jaringan transmisi Sulawesi Tengah dan sebentar lagi terhubung ke Sulawesi Selatan.

Bagikan berita ini:
2
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar