Unifah Rosyidi Sebut Revolusi Mental Adalah Roh dari Pendidikan

Jumat, 1 Oktober 2021 19:24

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Prof Unifah Rosyidi. Foto: Mesya/JPNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi menyebut bahwa revolusi mental adalah roh dari pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidik memiliki peran sentral sebagai aktor penggerak revolusi mental itu sendiri.

Dalam revolusi mental, guru berperan untuk mengubah karakter yang fixed mindset ke growth mindset. “Semua menuntut perubahan. Melalui revolusi mental kita belajar bagaimana harus bergotong royong, sekaligus memiliki kemandirian, dan mengintegrasikan nilai baik lainnya,” kata Unifah.

PGRI berkolaborasi dengan Kemenko PMK dalam workshop “Sekolah Pelopor Gerakan Nasional Revolusi Mental” pada Rabu (29/9) lalu secara virtual.

“Guru harus menjadi pelopor, guru harus jadi contoh, teladan, dan kita semua berusaha berjalan ke arah sana,” sambung Unifah.

Sekjen PGRI Dudung Abdul Qodir berharap revolusi mental dapat dicapai dari sekolah pelopor gerakan nasional revolusi mental. Nilai-nilai dari revolusi mental pun dapat dikembangkan kehidupan sehari-hari. Contohnya, melibatkan kerja sama yang baik antara pengawas, kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat di lingkungan sekolah.

Bagikan berita ini:
10
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar