Vaksinasi Covid-19 Mencapai 82 Persen, Namun Covid-19 Tetap Menggila

Jumat, 1 Oktober 2021 17:38

Ilustrasi warga Singapura melakukan tes antigen di tengah melonjaknya kasus Covid-19 (Edgar Su/Reuters)

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA — Singapura sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dan mencapai 82 persen warga secara total. Semestinya negara itu sudah mencapai kekebalan kawanan atau herd immunity. Akan tetapi, justru kini Singapura dihantam lonjakan kasus Covid-19 lebih dari 2 ribu kasus per hari. Jumlah penduduk Singapura hanya 5,7 juta jiwa.

Kondisi ini membuat warga dan pemerintah frustrasi. Pemerintah masih semangat ingin membuka kembali perekonomian tetapi berusaha juga mencegah rumah sakit agar tak kewalahan.

Singapura sebelumnua sudah berhasil mencegah virus sejak tahun lalu dengan menganjurkan masyarakat disiplin memakai masker, pelacakan kontak, dan penutupan perbatasan. Namun, sekarang infeksi justru melonjak.

Singapura melonggarkan pembatasan pada Agustus 2021, setelah 18 bulan upaya mitigasi yang sebagian besar berhasil, dengan rencana pelonggaran lebih banyak setelah mencapai target vaksinasi 80 persen pada awal September. Akan tetapi, keputusan pembukaan kembali justru telah menghancurkan harapan.

“Kami mencapai target vaksinasi, namun kami bergerak mundur. Statistik berbicara sendiri,” kata warga Singapura pengguna Facebook, Shin Hui Tan, dalam postingannya.

Bagikan berita ini:
1
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar