Lima Teori Soal Dalang Utama G30S PKI, CIA hingga Konflik Internal TNI AD

Sabtu, 2 Oktober 2021 12:03

Diorama Museum Penghianatan PKI. (Reyn Gloria/Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) hingga saat ini masih menyimpan tanya. Ada beberapa pandangan yang diyakini oleh beberapa tokoh ihwal dibalik gerakan tersebut.

Meski demikian, masyarakat secara umum telah meyakini bahwa PKI lah yang menjadi dalang dari gerakan berdarah yang tak akan pernah dilupakan dalam sejarah.

Namun, ada pula yang berpendapat, PKI hanyalah korban dari peristiwa tersebut.

Seperti halnya Arin Kusumaningrum dalam bukunya “Gerakan Makar 30S/PKI” mencoba mengulas beberapa teori mengenai peristiwa G30 September.

Menurutnya, dalam peristiwa tersebut PKI dianggap sebagai dalang utama. Meskipun demikian, hingga saat ini dalang peristiwa tersebut masih menjadi perdebatan.

Setidaknya Arin Kusumaningrum menjelaskan terdapat lima teori mengenai pelaku utama pemberontakan G 30 S/PKI. Kelima teori tersebut sebagai berikut.

Pertama, G30 S merupakan Persoalan Internal Angkatan Darat. Dua sejarawan Amerika Serikat, yaitu Benedict R.O.G. Anderson dan Ruth McVey berpendapat, peristiwa yang terjadi pada 30 September 1965 merupakan puncak konflik internal TNI-AD.

Bagikan berita ini:
9
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar