Obat Covid-19 Buatan Merck Diklaim Efektif, Harga Sahamnya Langsung Naik

Sabtu, 2 Oktober 2021 20:23

Ilustrasi penelitian obat terapi Covid-19

FAJAR.CO.ID — Bila disetujui oleh otoritas AS, obat oral antivirus buatan Merck & Co akan menjadi obat pertama untuk Covid-19. Obat tersebut diklaim efektif mengurangi angka kematian atau rawat inap di rumah sakit bagi pasien yang berisiko sakit parah.

Merck yang bermitra dengan Ridgeback Biotherapeutics sedang mencari otorisasi penggunaan darurat AS untuk obat Covid-19 sesegera mungkin. Obat ini juga siap diedarkan ke seluruh dunia.

Pilihan pengobatan saat ini termasuk remdesivir antivirus infus Gilead Sciences Inc (GILD.O) dan deksametason steroid generik, hanya diberikan setelah pasien dirawat di rumah sakit. “Ini akan mengubah cara mengelola Covid-19,” kata Chief Executive Merck Robert Davis kepada Reuters.

Pil oral akan memudahkan perawatan bagi pasien Covid-19. Saat ini obat tersebu sudah masuk tahap uji coba tahap III.

Kabar baik itu membuat harga saham Merck naik hingga 9 persen. Begitu pula saham perusahaan farmasi lain yang mengembangkan obat oral serupa.

Sebaliknya harga saham produsen vaksin seperti Moderna Inc. turun hingga lebih dari 10 persen. Sedangkan harga saham Pfizer turun kuran dari 1 persen. Selain Merck, Pfizer dan pembuat obat Swiss Roche Holding AG (ROG.S) juga berlomba mengembangkan pil antivirus yang mudah digunakan untuk COVID-19.

Bagikan berita ini:
3
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar