4 Tahun di KPK, Abraham Samad: Saya Kenal Betul 57 Orang Ini, Mereka Pejuang

Minggu, 3 Oktober 2021 16:23

Abraham Samad

FAJAR.CO.ID — Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad memandang, agenda pemberantasan korupsi bakal jalan ditempat setelah adanya pemecatan terhadap 57 pegawai KPK. Menurut Samad, para pegawai yang dipecat pada 30 September 2021 dengan dalih tidak memenuhi syarat asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) itu merupakan para pejuang pemberantasan korupsi.

“Saya pernah di KPK empat tahun, saya kenal betul 57 orang ini. Mereka ini pejuang pemberantasan korupsi. Bukan orang yang sekadar pegawai biasa,” kata Samad dalam diskusi daring, Minggu (3/10).

Samad meyakini, puluhan orang yang dipecat Pimpinan KPK rezim Firli Bahuri itu bukan sekadar bekerja atau menjalankan kewajibannya. Tetapi mereka mempunyai dedikasi yang kompeten dalam isu pemberantasan korupsi.

“Maka saya bilang mereka adalah pejuang pemberantasan korupsi,” cetus Samad.

Samad memprediksi, setelah adanya revisi Undang-Undang KPK yang kemudian disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, agenda pemberantasan korupsi akan melemah. Tetapi berkat 57 pegawai KPK yang dipecat itu, KPK tetap bisa bekerja meski adanya pelemahan dalam hal peraturan Undang-Undang.

Bagikan berita ini:
8
7
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar