Biasakan Anak Aktif Bergerak dan Berkegiatan Sebelum PTM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Orang tua harus menyesuaikan pola asuh anak dan memperhatikan tumbuh kembang anak saat ini di tengah pademi Covid-19.

Pemateri Seminar Parenting sekakigus Direktur Program dan Kurikulum Sekolah Zivana Montessori, Rina Jayani mengatakan yang paling penting pada masa seperti ini (pandemi Covid-19) adalah pengembangan pola asuh yang menyesuaikan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kata dia, memang tidak mudah tapi penting bagi para orang tua. Menerapkan pola asuh anak yang sesuai dengan AKB adalah dengan tetap memperhatikan kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Selain itu, perlu juga menerapkan kebiasaan yang baik guna mencegah penularan Covid-19. Orang tua pun diminta lebih sabar, dan menjaga kondisi psikis anak via komunikasi yang baik.

“Yang paling penting pembiasaan baik ini juga dilakukan di rumah. Anak-anak perlu diberikan kebiasaan selain makanan yang sehat, anak-anak juga perlu melakukan olah tubuh, gerak di rumah. Latih motoriknya untuk terus bergerak aktif," ucapnya.

Founder dan Kepala Sekolah Zivana Montessori, Adillah Wina Fitria menyatakan, anak-anak harus mendapatkan informasi dan perlakuan yang benar saat ini.

Untuk kata Adilla, dibuatlah seminar agar orang tua bisa paham dan menerapkannya di rumah.

Kata dia khususnya terkait kesehatan. Dengan begitu, anak akan mulai melakukan kebiasaan baru yang diajarkan atau dicontohkan orang tua.

“Saya kira anak-anak ini bisa tumbuh sehat dan juga terpantau bagaimana psikis dan tumbuh kembangnya secara maksimal adalah dengan bantuan orang tuanya. Saya kira orang tua bahagia, anak bahagia, anak juga sehat,” tambahnya. (wis/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan