Hidayat Nur Wahid Semprot Menteri Risma yang Suka Marah-marah

Senin, 4 Oktober 2021 09:31

Menteri Sosial, Tri Rismaharini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengkritisi kembali sikap marah-marahnya Mensos Risma di depan publik. Peristiwa itu terjadi pada saat mantan Walikota Surabaya tersebut melakukan kunjungan rapat kerja bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo terkait distribusi bantuan sosial.

HNW mengingatkan Mensos, adanya Tap MPR Nomor VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa. Sesuai isi Tap tersebut, seorang Menteri harusnya menjadi bagian dari pejabat yang memberikan teladan dalam menjalankan Etika kehidupan berbangsa.

Hidayat menilai, meluapkan kemarahan di depan publik sebagaimana dilakukan Risma tidak sesuai dengan Etika Pemerintahan dalam TAP MPR. Apalagi kejadian tersebut langsung mengundang kecaman dari Gubernur Gorontalo dan masyarakat luas.

Hidayat mendesak Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau bahkan Presiden sebagai atasan Menteri Sosial memberi teguran langsung kepada Mensos, untuk menenangkan kekecewaan yang muncul di masyarakat. Dan agar kejadian serupa tak berulang di kemudian hari.

“Mensos sudah pernah marah-marah di depan publik, setidaknya kepada pejabat Pemerintah di Jember, Bandung, Riau, dan kini Gorontalo. Memang data bansos bermasalah di daerah perlu diperbaiki, tapi tidak dengan marah-marah yang tidak menyelesaikan masalah. Bisa dengan cara yang lebih elegan, apalagi yang harus bertanggung jawab bukan hanya Pemda, melainkan juga Kemensos. Mestinya Mensos membimbing dan memberikan teladan terbaik bagaimana menyelesaikan masalah dengan komprehensif, tanpa marah-marah yang malah menambah masalah, dan mengurangi hormat dan marwah,” papar HNW dalam keterangannya di Jakarta Senin (4/10/2021).

Bagikan berita ini:
9
7
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar