Memasuki Musim Hujan, Daerah Rawan Banjir Harus Siaga

Senin, 4 Oktober 2021 18:03

Ilustrasi -- Kondisi banjir di Luwu Utara. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banjir bandang kembali menerjang sejumlah Kabupaten di Sulawesi Selatan. Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dan Luwu menjadi daerah yang baru-baru saja mengalami musibah tersebut.

Hal ini dinilai sebagai titik awal musim hujan datang. Sirine banjir di Sulsel seperti sudah dibunyikan. Pemerintah dan masyarakat harus siaga terhadap bencana laten yang terjadi di Sulsel tersebut, meskipun hujan lebat tidak merata.

Menurut keterangan Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, curah hujan yang turun di Luwu cenderung ringan. Hanya saja beberapa hari belakangan intensitasnya nyaris tidak berhenti.

Forcaster BNMKG Wilayah IV Makassar, Asriani Idrus mentatakan, jika dilihat dari curah hujan, kontribusinya tidak begitu signifikan. Sebab, debet air yang diturunkan tidak begitu besar.

Hanya saja, karena kondisi sungai dan serapan air di daerah Luwu cenderung kurang stabil akibat banjir sebelumnya, maka hal itu diduga menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir.

”Hujannya ringan, tidak seperti sebelumnya yang debet airnya sampai 300. Ada indikasi, kondisi sungai di sana masih dangkal akibat banjir sebelumnya, makanya airnya meluap lagi,” ujarnya, Senin (4/10/2021).

Bagikan berita ini:
3
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar