Moeldoko Disebut Datang ke Cikeas Pagi Sekali, Mengintervensi, SBY Marah

Senin, 4 Oktober 2021 09:12
Moeldoko Disebut Datang ke Cikeas Pagi Sekali, Mengintervensi, SBY Marah

Moeldoko

Ketua Alumni UI itu kemudian membeberkan kejadian pada Mei 2015 ketika Moeldoko yang mengenakan seragam dinas Panglima TNI datang pagi-pagi sekali ke Cikeas, kediaman SBY.

Jubir Parrai Demokrat itu mengatakan pada hari itu SBY akan berangkat ke Surabaya melakukan Kongres Partai Demokrat.

Menurut Herzaky, SBY saat berpikir ada hal sangat penting dan darurat sehingga seorang Panglima TNI aktif berseragam dinas menghadap seorang mantan presiden, pagi-pagi sekali.

“Ternyata, pesannya tidak sepenting dan semendesak yang diduga. Moeldoko hanya mengatakan: ‘Pak, tolong kalau bapak terpilih lagi sebagai ketua umum, agar bapak mengangkat Marzuki Alie sebagai sekjennya’. Pak SBY Marah,” tutur Herzaky sembari menirukan ucapan Moeldoko masa itu.

Alumni Hubungan Internasional Universitas Indonesia menjelaskan SBY marah karena Moeldoko sebagai panglima TNI aktif telah melanggar konstitusi dan UU dengan melakukan politik praktis dan intervensi.

Selain itu, SBY juga marah karena dia sebagai salah satu penggagas dan pelaksana reformasi TNI. “Pak SBY tidak rela TNI dikotori oleh ambisi pribadi yang ingin berkuasa dengan cara-cara yang melanggar aturan dan hukum,” ucap Herzaky.

Bagikan berita ini:
5
4
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar