Pemerintah Lakukan Uji Coba PPKM Level 1 untuk Kota Blitar

Senin, 4 Oktober 2021 17:32

Koordinator PPKM Darurat wilayah Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan, pemerintah akan melakukan uji coba pemberlakuan PPKM Level 1 atau disebut kenormalan baru (new normal) untuk Kota Blitar.

Sebab, situasi Pandemi Covid-19 terus menunjukkan perbaikan selama dua minggu belakangan ini. Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan Kasus konfirmasi jawa bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 juli lalu.

Luhut menjelaskan, implementasi uji coba PPKM Level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi dosis 1 sebesar 70 persen dan dosis 1 lansia sebesar 60 persen.

“Penerapan PPKM Level 1 ini akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (4/10).

Menurutnya, untuk mengimbangi hal tersebut, tindakan surveillance, testing atau tracing, dan peningkatan disiplin protokol kesehatan. “Kami dan Menkes akan menurunkan tim khusus untuk memantau pelaksanaan PPKM Level 1 di Kota Blitar, sehingga nanti akan menjadi role model buat kota atau kabupaten lain,” ucapnya.

Bagikan berita ini:
1
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar