Cegah Korupsi, KPK Dorong Penguatan Nilai Integritas kepada Kader Partai Politik

Selasa, 5 Oktober 2021 20:34

ILUSTRASI. KPK. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat terus mendorong penguatan nilai-nilai integritas kepada kader partai politik. Hal ini sebagai bentuk pencegahan korupsi pada partai politik.

Deputi Bidang Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana menyampaikan, KPK telah melakukan kajian terkait pendanaan parpol dan mengusulkan kenaikannya oleh negara. Akan tetapi hal tersebut harus dibarengi dengan perbaikan tata kelola parpol termasuk kaderisasi.

“Hal ini mengingat parpol memiliki peran strategis dalam membentuk budaya antikorupsi serta meningkatkan kualitas demokrasi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Wawan saat menghadiri Bimbingan Teknis DPRD Partai Amanat Nasional (PAN) seluruh Indonesia, Selasa (5/10).

Kepada sekitar 650 peserta yang hadir termasuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan jajaran pengurus partai, Wawan menjelaskan definisi dan jenis-jenis korupsi, kewenangan KPK dalam pendidikan antikorupsi, dampak korupsi serta bagaimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi.

“Menurut United Nation Convention Against Corruption (UNCAC) yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Undang-undang No.7 tahun 2006, dampak korupsi di antaranya merusak pasar, harga dan persaingan usaha yang sehat, meruntuhkan hukum, menurunkan kualitas hidup atau pembangunan berkelanjutan, pelanggaran hak asasi manusia, menyebabkan kejahatan lain berkembang dan merusak proses demokrasi,” urai Wawan.

Bagikan berita ini:
8
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar