Google Sarankan Hapus Aplikasi Ini di Perangkat Android, Berisi Malware Berbahaya

Selasa, 5 Oktober 2021 10:42

ILUSTRASI. Seorang pengunjung kafe sedang bermain ponsel. EDY ARSYAD/FNN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tim keamanan dari Zimperium menemukan ada sejumlah aplikasi yang ternyata menyimpan virus atau malware baru bernama GriftHorse.

Dikutip dari Express, Selasa (5/10), malware itu dikatakan sudah berhasil menginfeksi jutaan aplikasi di perangkat Android.

Dalam memuluskan aksinya itu, malware tersebut membuat korbannya mendaftarkan layanan SMS berbayar tanpa diketahui.

Notifikasi berupa pop-up itu akan muncul hingga lima kali dalam satu jam, sehingga kerap kali korban memilih untuk menerima notifikasi tersebut.Apabila korban menerima notifikasi itu, maka akan diarahkan ke situs tertentu yang meminta mereka memasukan nomor untuk verfikasi.

Apabila korban memasukan nomornya tanpa diketahui sebenarnya mereka mendaftarkan diri ke layanan SMS berlangganan dengan biaya euro 30 atau setara RP 497 ribu per bulan.

Bermesraan, Polisi Datang Meski Google sudah memblokir aplikasi yang berisi malware jahat itu di Play Store, ada kemungkinan aplikasi itu masih terpasang di perangkat pengguna.

Oleh karena itu, Google menyarankan kepada pengguna agar segera menghapus aplikasi tersebut dari perangkat Android untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Bagikan berita ini:
7
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar