Jenderal Andika Memimpin di 4 Dimensi, Tapi Laksamana Yudo Punya Keunggulan Ini

Selasa, 5 Oktober 2021 15:36

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Dispenal, TNI AU, dan ANTARA FOTO

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Peringatan HUT Ke-76 TNI hari ini bakal menjadi perayaan terakhir bagi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebab, bulan depan dia memasuki masa purnatugas. Spekulasi tentang calon pengganti Hadi pun merebak.

Kemarin Setara Institute merilis hasil survei berkenaan dengan opsi pengganti orang nomor satu di tubuh TNI itu. Berdasar Undang-Undang (UU) TNI, yang berpeluang menduduki kursi panglima TNI adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Ketiganya memiliki peluang setara. Meski demikian, bila merujuk rotasi antarmatra yang biasa dilakukan untuk memilih panglima TNI, kesempatan Fadjar lebih kecil jika dibandingkan dengan Andika dan Yudo. Sebab, Hadi sebagai panglima TNI saat ini juga berasal dari TNI-AU.

Dalam paparan hasil survei yang telah dilaksanakan, peneliti Setara Institute Ikhsan Yosarie menyatakan bahwa ada lima dimensi yang diukur.

Bagikan berita ini:
2
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar