Ombudsman Jawa Timur Terima 12 Laporan terkait Seleksi CASN 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 23:00
Ombudsman Jawa Timur Terima 12 Laporan terkait Seleksi CASN 2021

Ilustrasi

”Kemudian ada juga peserta CASN yang melaporkan masalah perbedaan nomenklatur antara ijazah dengan syarat formasi yang dibutuhkan. Yakni permasalahan atas akreditasi saat tahun kelulusan, kesalahan dalam unggah foto, dan lainnya,” beber Azmi.

Atas pengaduan itu, Kepala Ombudsman Jatim Agus Muttaqien memastikan, laporan itu ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan. Di antara laporan itu, Ombudsman menemukan praktik maladministrasi.

”Terhadap laporan maladministrasi itu, kami sampaikan pada instansi terkait, untuk memberi penyelesaian. Sehingga peserta dapat melanjutkan seleksi tahap CAT,” ujar Agus.

Dari 12 laporan tersebut, lanjut Agus, terbanyak adalah soal penggunaan materai di aplikasi CASN. Pada pengumuman, tidak ada aturan harus ada materai di surat pernyataan yang wajib dilampirkan dan diunggah ke website CASN.

”Di pengumuman, penggunaan materai hanya sebagai contoh. Jadi di situ banyak peserta yang tidak menyertakan materi karena tidak diatur,” jelas Agus.

Agus memastikan posko pengaduan CASN yang dibuka sejak 23 Juli, akan tetap dibuka sampai proses seleksi berakhir. ”Saat ini tengah proses dan dipantau sampai proses berakhir. Sehingga bila ada laporan, akan langsung kami teruskan pada lembaga terkait,” ucap Agus. (jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
1
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar