Rekening Gendut Bandar Narkoba Rp120 Triliun

Selasa, 5 Oktober 2021 15:24

Sejumlah barang bukti seperti bukti setoran bank, rekening dan percakapan melalui media sosial diamankan. FOTO: Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) harus segera mengusut rekening gendut bandar narkoba sebesar Rp120 triliun. Hal ini setelah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan kepada DPR RI.

“Kepolisian dan BNN harus dapat segera melacak pemilik rekening ‘gendut’ tersebut, apakah pemilik berada di Indonesia atau di luar negeri,” kata Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, Selasa (5/10).

Andi Rio menilai, pelacakan tersebut diperlukan agar jangan sampai ada perbedaan data dalam proses penelusuran. Sehingga, dapat ditelusuri pemilik dan sumber dana asalnya. Apakah melalui satu pintu atau lebih.

Ia juga meminta PPATK dapat memberikan data dan informasi tersebut kepada Kepolisian dan BNN untuk menelusuri pemilik rekening ‘gendut’ bisnis narkoba itu.

“Jangan sampai mereka telah melakukan pencucian uang dan kabur ke luar negeri karena telah mengetahui informasi tersebut. Koordinasi dan komunikasikan kepada aparat penegak hukum terkait. Telusuri transaksi ke siapa dan kemana saja uang yang mengalir di rekening ‘gendut’ tersebut,” bebernya.

Bagikan berita ini:
3
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar