Hanya di Kota Ini Setiap Tikungan Jalan Bisa Menghasilkan Duit

Rabu, 6 Oktober 2021 11:09

Sudut jalan di Makassar kini jadi tempat mencari nafkah--Foto Nurhadi/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Keberadaan Pak Ogah di U-Turn kian meresahkan. Cenderung mengganggu arus lalu lintas. Hanya di Kota ini setiap tikungan jalan bisa menghasilkan duit. Pengendara “membayar”. Nah, sampai kapan profesi ini bertahan? Tak bisakah pemerintah menertibkan?

Kasatlantas Polrestabes Makassar AKBP Andi Kumara mengatakan pihak kepolisian tidak melarang orang mencari nafkah di setiap tikungan. Namun, mesti memperhatikan ketertiban dan kenyamanan orang.

“Jalan raya itu tempatnya rawan untuk kecelakaan. Apalagi, Pak Ogah itu kan berpotensi menyebabkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, tentu perlu diberikan penindakan yang tegas,” katanya, Selasa, 5 Oktober.

Penindakan Pak Ogah ini membutuhkan sinergi antarpemangku kepentingan. Khususnya untuk instasi kepolisian ada tiga satuan yang memiliki kewenangan dalam penertiban Pak Ogah ini.

Satlantas punya kewenangan untuk menertibkan arus lalu lintas. Sedangkan untuk pungli serta perbuatan tindak pidana lainnya seperti pengrusakan barang atau kendaraan orang lain, masuk kewenangannya Satreskrim.

Menurutnya, pemberian uang kepada Pak Ogah, sebenarnya sudah bisa dikategorikan pungli. Musababnya, ada unsur keterpaksaan dan pemalakan.

Bagikan berita ini:
2
2
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar