Jakarta Diprediksi Terendam pada 2050

Rabu, 6 Oktober 2021 22:01

Ilustrasi banjir di Jakarta beberapa waktu lalu. (Widodo S. Jusuf/Antara)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA Sejumlah wilayah di DKI Jakarta diprediksi bakal terendam pada 2050 mendatang. Namun, Jakarta tidak sepenuhnya tenggelam.

“Pada 2050 nanti, air laut memang belum menyentuh kawasan Monas. Kalau dari pengaruh kenaikan muka air laut itu kecil tentunya,” kata Profesor Riset bidang Meteorologi Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eddy Hermawan dalam Webinar Nasional Prof Talk: Benarkah Jakarta dan Pantura Akan Tenggelam? di Jakarta, Rabu (6/10).

Menurutnya, jika hanya melihat faktor kenaikan muka air laut, maka pada 2050 air laut memang masuk ke daratan. Tetapi belum menyentuh Monas. Artinya, air tidak menenggelamkan Jakarta.

Berdasarkan hasil proyeksi, pada 2050 kenaikan muka air laut akan membanjiri daerah Jakarta seluas lebih kurang 160,4 kilometer persegi atau 24,3 persen dari luas total wilayah tersebut. Air laut diprediksi masuk ke wilayah antara lain Tanjung Priok, Pluit, Pademangan, Kapuk dan Penjaringan.

Eddy menuturkan faktor lain yang cukup berbahaya adalah penurunan permukaan tanah. Terutama di daerah yang bertanah lunak. Tidak hanya di Jakarta. Tetapi di sepanjang Pantura.

Bagikan berita ini:
9
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar