Konsumsi Makanan Tak Higienis, Begini Kondisi Terkini Santri yang Dilarikan ke RS

Rabu, 6 Oktober 2021 19:14

Sejumlah santri yang dirawat pihak medis.

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Puluhan santri asal Pondok Pesantren As Sunnah Parapa, Kabupaten Takalar yang lemas usai menyantap makanan di pondoknya mulai membaik.

Mereka sempat lemas hingga mual usai mengonsumsi makanan yang diproduksi oleh pihak pondok itu sendiri. Dan ternyata, tempat dan cara pembuatannya tidak higienis.

Sejak dilarikan ke Puskesmas Aeng Towa dan Rumah Sakit Zainab, Takalar pada Selasa (5/10/2021) kemarin, puluhan santri di sana sudah membaik.

“Sudah ada yang pulang. Ada yang dirawat di RS Zainab 31 orang dan di Puskesmas Aeng towa 18 orang. Saya lihat tidak ada yang dehidrasi berat. Hanya dehidrasi sedang. Sudah ada yang pulang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, dr Rahmawati, Rabu (6/10/2021).

Dia juga membantah kabar jiwa puluhan santri itu harus dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas, diduga akibat keracunan. Kata Rahma, makanan yang mereka konsumsi murni karena tidak higienis.

“Memang hanya gejala diare akibat pengolahan makanan yang tdk higienis. Kemarin sudah saya cek dapurnya, tanya ustaz-ustaznya, memang tidak higienis. Jadi kami lakukan imbauan agar perhatikan tempat, alat, dan bahan masakannya,” terang Rahma kepada jurnalis Fajar.co.id.

Bagikan berita ini:
5
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar