Mensos Risma Turun Langsung Identifikasi Delapan Titik Longsor di Luwu

Rabu, 6 Oktober 2021 18:05

Foto: Syahruddin Syah/FAJAR

FAJAR.CO.ID, BELOPA — Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan tempat penyediaan bufferstock bagi penyintas bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini merupakan respons dari lokasi kejadian yang merupakan pegunungan dan sulit diakses.

“Ini harus diantisipasi. Di sini wilayahnya pegunungan dan aksesnya sulit. Harus dipastikan kebutuhan logistik masyarakat tetap bisa disiapkan, jika terjadi bencana di kemudian hari,” kata Mensos saat mengunjungi lokasi bencana tanah longsor dan banjir bandang di Desa Ilanbatu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan (6/10/2021).

Melalui observasi sepanjang perjalanan menuju lokasi didapati banyak titik-titik longsor.

“Nah kalo terjadi longsor. Kemudian akses tertutup, yang saya khawatirkan kebutuhan pangan dari warga di beberapa titik ini tidak bisa terpenuhi,” kata Mensos.

Dengan mendengarkan masukan dan pengamatan langsung, Mensos mengidentifikasi ada 8 titik lokasi rawan. Pada 8 titik inilah Kemensos akan mendirikan tempat penyediaan bufferstock . Pada setiap tempat tersebut akan disiapkan kebutuhan pokok berupa makanan siap saji, selimut, tenda gulung, family kit, matras, kasur lipat, beras, air bersih dan bbm.

Bagikan berita ini:
1
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar