Pilpres Filipina 2022, Putra Mendiang Diktator Ferdinand Marcos Ikut Meramaikan

Rabu, 6 Oktober 2021 18:27

Ferdinand ”Bongbong” Marcos Jr memastikan akan ikut mencalonkan diri di Pemilu Presiden Mei 2022. (The Manila Times)

FAJAR.CO.ID, FILIPINA — Persaingan untuk menjadi orang nomor satu di Filipina kian ketat. Selasa(5/10) Ferdinand ”Bongbong” Marcos Jr memastikan akan ikut mencalonkan diri di Pemilu Presiden Mei 2022. Dia mengumumkan kabar itu lewat siaran Facebook live.

”Saya akan membawa kembali kepemimpinan yang mempersatukan negara kita,” ujar putra mendiang diktator Ferdinand Marcos tersebut seperti dikutip Agence France-Presse.

Politikus yang biasa dipanggil Bongbong itu sepertinya ingin membangun kembali kebangkitan klan keluarganya. Sosok sang ayah adalah bagian sejarah Filipina dengan segala kontroversi saat berkuasa.

Bongbong akan memecah perolehan suara kandidat yang lain. Meski ayahnya dilabeli kleptokrat, popularitas Bongbong masih tinggi. Dia memiliki popularitas ke-2 setelah Sara Duterte, putri Presiden Rodrigo Duterte, dalam survei yang digelar Pulse Asia Research.

Pada Pemilu 2016, Bongbong berusaha menjadi wakil presiden, tetapi dia kalah oleh Leni Robredo. Bongbong menuding Robredo curang. Dia berjuang selama 5 tahun lewat jalur hukum untuk menentang hasil pemilu. Februari lalu, pengadilan menolak gugatannya.

Bagikan berita ini:
9
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar