PM Jacinda Ardern Ubah Strategi Covid Zero, Bahas Pendekatan Baru

Rabu, 6 Oktober 2021 18:31

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Kate Laurell Ardern-- AFP

FAJAR.CO.ID, SELANDIA BARU — Selandia Baru mengubah metode penanganan pandeminya. Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern mengakui bahwa strategi Covid Zero yang selama ini mereka adopsi tidak mampu menangani penularan akibat varian Delta. Negaranya akan membahas pendekatan baru.

Ardern menyatakan bahwa varian Delta sangat menular. Dia mengubah permainan dan sulit dihilangkan. Lockdown dan berbagai kebijakan isolasi jangka panjang yang diambil tidak mampu membuat Selandia Baru menjadi nol kasus lokal sekali lagi. Namun, strategi Covid Zero tidak akan langsung dihapuskan, tapi disesuaikan.

”Lockdown di Auckland akan dilonggarkan sedikit meski kasus di wilayah tersebut belum turun,” tegasnya seperti dikutip Agence France-Presse.

Mulai Rabu (6/10) penduduk Auckland bisa berkumpul maksimal 10 orang. Pemerintah akan melakukan peninjauan ulang setiap pekan untuk menentukan kapan kota tersebut dibuka penuh. Pembukaan toko-toko dan sekolah juga menunggu hasil evaluasi.

Auckland menjadi satu-satunya kota di Selandia Baru yang masih berstatus lockdown. Di kota lainnya, status itu dicabut sejak awal September. Langkah tersebut bisa dilakukan karena saat ini angka vaksinasi sudah naik secara signifikan. Dengan adanya vaksin, kalaupun ada penduduk yang positif, gejala yang mereka alami bakal ringan.

Bagikan berita ini:
10
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar