Provokasi Bertubi-tubi Jet Tempur Tiongkok, Presiden Tsai Ing-wen Ingatkan Bencana Besar

Rabu, 6 Oktober 2021 18:36

Presiden Tsai Ing-wen

FAJAR.CO.ID, TAIPEI — Ketegangan politik masih terjadi di Taiwan. Negara yang dipimpin Presiden Tsai Ing-wen tersebut berang karena provokasi bertubi-tubi Tiongkok. Selama 4 hari pertama bulan ini, setidaknya hampir 150 pesawat milik Beijing melanggar zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taipei.

Tiongkok mulai mengirimkan pesawatnya untuk memprovokasi Taiwan sejak tahun lalu. Sepanjang 2020, tercatat ada 380 jet tempur dan pesawat pengebom milik Beijing yang masuk wilayah ADIZ Taipei.

Tahun ini jumlahnya lebih meningkat lagi. Hingga awal Oktober, jumlahnya sudah lebih dari 600 pelanggaran. Senin (4/10) rekor 56 jet tempur Tiongkok memasuki area ADIZ Taiwan.

Tiongkok ingin Taiwan segera bersatu dengan mereka. Taiwan di lain pihak ingin mempertahankan demokrasi di negaranya. Bergabung dengan Tiongkok sama saja dengan menyerahkan demokrasi. Negara tersebut bakal serupa dengan Hongkong, yang saat ini serba disensor dan dibatasi.

”Mereka harus ingat bahwa jika Taiwan jatuh, konsekuensinya adalah terjadinya bencana besar bagi perdamaian regional dan sistem aliansi demokrasi,” ujar Tsai. (sha/jpg/fajar)

Bagikan berita ini:
6
4
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar