BPOM Setujui Vaksin Asal Tiongkok

Kamis, 7 Oktober 2021 17:09
BPOM Setujui Vaksin Asal Tiongkok

ilustrasi vaksin Covid-19

EUA ini juga diterbitkan setelah melalui pengkajian secara intensif oleh Badan POM bersama Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19 dan ITAGI terkait dengan keamanan, efikasi, dan mutu vaksin.

“Dengan diterbitkannya EUA untuk Vaksin Zifivax ini, maka hingga saat ini Badan POM telah memberikan persetujuan untuk 10 jenis vaksin Covid-19,” tegas Penny dalam keterangan virtual, Kamis (7/10).

Efikasi di Atas 81 Persen

Sebelumnya, vaksin Zifivax telah melalui tahap uji klinis fase 3 pada sekitar 28.500 subjek uji. Indonesia adalah salah satu pusat pelaksanaan uji klinik tahap 3 tersebut, selain Uzbekistan, Pakistan, Ekuador, dan Tiongkok. Jumlah subjek uji dari Indonesia yang berpartisipasi dalam studi klinis vaksin ini sekitar 4.000 subjek.

Dari hasil uji klinis yang dilakukan, pemberian vaksin Zifivax secara umum dapat ditoleransi dengan baik. Efek samping lokal yang paling sering terjadi adalah timbul nyeri pada tempat suntikan. Sementara efek sistemik yang paling sering terjadi adalah sakit kepala, kelelahan, demam, nyeri otot (myalgia), batuk, mual (nausea), dan diare dengan tingkat keparahan grade 1 dan 2.

Bagikan berita ini:
8
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar