Eksistensi Komcad TNI untuk Antisipasi Ancaman Militer Kontemporer

Kamis, 7 Oktober 2021 21:38

IST

FAJAR.CO.ID — Peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi), Beni Sukadis, menilai keberadaan komponen cadangan (komcad) sejalan dengan kebutuhan pertahanan nasional dalam mengantisipasi ancaman militer kontemporer.

Dirinya menerangkan, terdapat beberapa ancaman kontemporer terhadap Indonesia. Potensi konflik di Laut China Selatan (LCS) dan spionase asing, misalnya.

Menurutnya, komcad TNI bisa didayagunakan sebagai komponen yang mendukung TNI dalam menangani ancaman-ancaman tersebut, terutama dalam konteks psikologi operasi.

“(Yang dapat dilakukan komcad) dengan melakukan konter kampanye tentang proyeksi kapabilitas militer kita di Natuna dan sekitarnya,” jelasnya pada Rabu.

“Dan perlindungan dari hacker (peretas) atau spionase asing dengan keberadaan mereka dan kapasitas sesuai profesinya,” imbuh dia.

Hal serupa diutarakan ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Andry Satrio Nugroho. Dia berpendapat, keberadaan komcad TNI adalah cara yang efisien bagi negara untuk dapat mengantisipasi ancaman militer kekinian yang mengancam kedaulatan negara, tanpa menambah biaya untuk merekrut personel TNI baru yang akan memakan biaya lebih mahal.

Bagikan berita ini:
7
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar